Pengertian Sumber Belajar, Manfaat Dan Macam - Macamnya Lengkap

Pengertian sumber belajar, manfaat dan macam - macamnya lengkap akan dibahas pada artikel kali ini. Setiap orang berguru niscaya mempunyai pola atau rujukan dalam mempelajari suatu ilmu. Baik itu ilmu sosial, ilmu alam, dan ilmu pasti. Perkembangan pendidikan di kala globalisasi ini menuntut pembelajar untuk selalu update dan mengetahui segala sesuatu pengetahuan pada suatu bidang. Oleh alasannya ialah itu, rujukan atau pola ilmu tersebut haruslah mempunyai keakuratan, dapat dipercaya serta bisa dipertanggungjawabkan.
Untuk lebih terperinci dan lengkap mengenai apa itu sumber belajar? Apa manfaatnya? dan apa saja macam - macam atau jenis - jenisnya mari simak ulasan lengkap di bawah ini.
 Setiap orang berguru niscaya mempunyai pola atau rujukan dalam mempelajari suatu ilmu Pengertian Sumber Belajar, Manfaat dan Macam - Macamnya Lengkap
Pengertian Sumber Belajar, Manfaat dan Macam - Macamnya Lengkap

Pengertian Sumber Belajar

Secara umum pengertian sumber berguru adalah semua materi yang sanggup memperlihatkan warta baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang digunakan akseptor didik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan berguru atau kompetensi tertentu.

Arti Sumber Belajar Menurut Para Ahli

Yusufhadi Miarso 

Segala sesuatu yang mencakup pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan, baik secara tersendiri maupun terkombinasikan sanggup memungkinkan terjadinya belajar.

Edgar Dale

Sumber berguru ialah segala sesuatu yang sanggup dimanfaatkan untuk memfasilitasi berguru seseorang.

Rohani

Sumber berguru (learning resources) ialah segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan yang memungkinkan (memudahkan) terjadinya proses belajar.
Berdasarkan rujukan dari mahir di atas maka sanggup diambil sebuah kesimpulan bahwa sumber berguru ialah segala sesuatu yang berasal dari luar diri akseptor didik yang sanggup membantu terjadinya proses belajar.

Macam-macam Sumber Belajar

Menurut Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan (AECT), sumber berguru ialah semua sumber (baik berupa data, orang atau benda) yang sanggup digunakan untuk memberi akomodasi (kemudahan) berguru bagi siswa. Sumber berguru itu mencakup pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan lingkungan/latar.
Berdasarkan asal usulnya, sumber berguru terbagi menjadi 2 yakni :
  1. Sumber berguru yang dirancang (learning resources by design) yaitu sumber berguru yang memang sengaja dibentuk untuk tujuan pembelajaran. Contohnya ialah : buku pelajaran, modul, kegiatan audio, transparansi (OHT).
  2. Sumber berguru yang sudah tersedia dan tinggal dimanfaatkan (learning resources by utilization), yaitu sumber berguru yang tidak secara khusus dirancang untuk keperluan pembelajaran, namun sanggup ditemukan, dipilih dan dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Contohnya: pejabat pemerintah, tenaga ahli, pemuka agama, olahragawan, kebun binatang, waduk, museum, film, sawah, terminal, surat kabar, siaran televisi, dan masih banyak lagi yang lain.
Jenis - jenis sumber belajar pada umumnya ibarat :
  1. Pesan: informasi, materi ajar; dongeng rakyat, dongeng, hikayat, dan sebagainya;
  2. Orang: guru, instruktur, siswa, ahli, nara sumber, tokoh masyarakat, pimpinan lembaga, tokoh karier dan sebagainya;
  3. Bahan: buku, transparansi, film, slides, gambar, grafik yang dirancang untuk pembelajaran, relief, candi, arca, komik, dan sebagainya;
  4. Alat/ perlengkapan: perangkat keras, komputer, radio, televisi, VCD/DVD, kamera, papan tulis, generator, mesin, mobil, motor, alat listrik, obeng dan sebagainya;
  5. Pendekatan/ metode/ teknik: disikusi, seminar, pemecahan masalah, simulasi, permainan, sarasehan, percakapan biasa, diskusi, debat, talk shaw dan sejenisnya;
  6. Lingkungan: ruang kelas, studio, perpustakaan, aula, teman, kebun, pasar, toko, museum, kantor dan sebagainya.
Sedangkan berdasarkan Rohani, pembagian sumber berguru antara lain meliputi:
  1. Sumber berguru cetak: buku, majalah, ensiklopedi, brosur, koran, poster, dan denah.
  2. Sumber berguru non cetak: film, slide, video, model, boneka, dan audio kaset.
  3. Sumber berguru yang berupa fasilitas: auditorium, perpustakaan, ruang belajar, meja berguru individual (carrel), studio, lapangan dan olahraga.
  4. Sumber berguru yang berupa kegiatan: wawancara, kerja kelompok, observasi, simulasi, dan permainan.
  5. Sumber berguru yang berupa lingkungan : taman dan terminal.

Manfaat Sumber Belajar

Menurut Rohani manfaat sumber belajar antara lain meliputi:
  1. Memberikan pengalaman berguru secara pribadi dan nyata kepada pesert didik
  2. Dapat menyajikan sesuatu yang mustahil diadakan, dikunjungi atau dilihat secara pribadi dan konkret
  3. Dapat menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada di dalam kelas
  4. Dapat memberi warta yang akurat dan terbaru
  5. Dapat membantu memecahkan dilema pendidikan (instruksional) baik dalam lingkup mikro maupun makro
  6. Dapat memberi warta yang positif, apabila diatur dan direncanakan pemanfaatannya secara tepat
  7. Dapat merangsang untuk berpikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut.

Fungsi Sumber Belajar

1. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan:
  • Mempercepat laju berguru dan membantu guru untuk memakai waktu secara lebih baik; dan
  • Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga sanggup lebih banyak membina dan menyebarkan gairah.
2. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara:
  • Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan
  • Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
3. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara:
  • Merancangan kegiatan pembelajaran yang lebih sistematis; dan
  • Mengembangan materi pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
4. Lebih memantapkan pembelajaran, dengan jalan:
  • Meningkatkan kemampuan sumber belajar;
  • Menyajian warta dan materi secara lebih kongkrit.
5. Memungkinkan berguru secara seketika, yaitu:
  • Mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat lisan dan abnormal dengan realitas yang sifatnya kongkrit;
  • Memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.
6. Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan warta yang bisa menembus batas geografis.
Demikianlah artikel ulasan wacana pengertian sumber belajar, manfaat dan macam - macamnya lengkap dengan banyak sekali contoh dan kajian arti berdasarkan beberapa ahli. Semoga artikel pembelajaran ini bisa bermanfaat untuk anda sebagai rujukan dalam membantu tugas-tugas anda. Terima kasih
Sumber http://panduankomputer-laptop.blogspot.com

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sumber Belajar, Manfaat Dan Macam - Macamnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel